Langsung ke konten utama

Pengalaman Mencari Kampus Part 4 : Persiapan dan Pelaksanaan UTUL/UM UGM 2017

Mencari Kampus
Part 4 : Persiapan dan Pelaksanaan UM/UTUL UGM 2017

Hai-hai sobat pembaca. Gue ngelanjutin postingan sebelumnya. Setelah Pelaksanaan SBMPTN seharusnya kan pengumuman yak? Tapi ga apa apa lah ya gue mau bahas UTUL UGM dulu, biar nanti pengumumannya gue rangkum jadi satu.

Okeh,
Setelah melewati momok menakutkan bagi siswa-siswi kelas 12 seluruh Indonesia yaitu SBMPTN, gue masih belom bisa bernafas lega karena momok menakutkan lain masih menunggu, UTUL UGM. Pelaksanaan SBMPTN tanggal 16 Mei sedangkan UTUL UGM 21 Mei, waktu yang lumayan singkat menurut gue.

Mungkin kalian juga ada yang tahu kalo UTUL UGM bertabrakan dengan SIMAK UI, emang selalu gitu sih kayaknya. Awalnya orang tua kepengen gue ikut SIMAK UI aja, soalnya UI kan lebih dekat daripada UGM kalo dari tempat tinggal gue. Tapi masalahnya, SIMAK UI yang sekarang ga lagi disebut jalur reguler, tapi jalur mandiri, yang dimana udah pake uang pangkal dan ga ada kelas-kelas UKTnya (ga bisa minta keringanan). Kalo UTUL sih masih jalur reguler sebutannya, ada kelas-kelas UKTnya. Cuss gue pilih UTUL.

Kartu peserta ujian dan kwitansi verifikasi


UTUL Gue ambil di Jakarta, kebetulan ada kakak gue kuliah di UI, jadi bisa numpang nginep di situ. Gue berangkat ke Jakarta sehari setelah SBMPTN, kenapa buru-buru? Karena buat yang ambil UTUL di Jakarta harus verifikasi dulu paling lambat tanggal 18, jadi yaa begitu. Kosan kakak gue dekat dengan UI, jadi ga gue sia-siain tuh UI. Tiap hari gue pergi ke perpus UI, dengan niat untuk belajar ;).



Texas UI


Danau UI


BELAJAR..
BELAJAR..
TATAKAEEE..
Sampee H-1 UTUL, seperti biasa, haram bagi gue megang buku. Gue cari kerjaan lain yang bisa merefresh pikiran gue, ngafe di CoffeToffe (gilak internetnya kencang beud..), ngoding, nganime, dll.

Coffe Toffe


H-0!!1!1!!!
Intermezo:
Bangun tidur, mandi, pray, siap-siap, sarapan, telpon kakak.
“Kak Ikra udah siap nih, kekmano naik kereta ke Univ Pancasilanyo?”
“Ha? Kau nak pegi dewekan? Dak nak kakak antar?”
“ehhh, kakak nak ngantar?”
Ternyata gue salah nangkap pernyataan kakak gue semalam. Gue pikir gue pergi sendiri, ternyata dia mau nganterin.
“Bentarlah kakak siap-siap dulu”
“-____- o..ke.. “

Setelah kakak siap, kami pergi naik kereta api tut tut tut dari stasiun UI menuju Stasiun Univ. Pancasila. Sampe sana.. beuhh.. biasa aja sih. Muka-muka yang ikut seleksi ga terlalu mengerikan. Cuma ada sih yang mengerikan. Gue cari gedung ekonomi, pamit sama kakak, cari kelasnya.. ehh ketemu Sylvi, cari kelasnya ampe dapat, nungguin.

Bangku Ujian

TES dimulaii
Saintek dulu, langsung buka biologi, kerjain yang gue bisa, lupakan, kerjain Fisika lalu kimia lalu MTK IPA. Sip selesai.
Abis ngerjain saintek perut gue krucukan + haus. Gue turun ke bawah mengarungi lautan manusia, sampe keluar, yeshh ketemu roti sama air mineral. Ehh peserta udah dipanggil masuk ke dalam kelas lagi.
Tes Kemampuan Dasar Umum, sip bisa. Gue keluar ruangan, keluar gedung.

Penampakan soal UTUL UGM (setelah diserang)

Inter-intermezzo:
keluar gedung, ke kantin teknik, cari doi.
kak(kak = her nickname), kau dimano?”
“aku duduk di deretan ayam cabe ijo”
ohh oke
....
“kak, yang disebelah tu bapak kau yo? Ngeri nian wkwkw
"Y”

UTUL sebenarnya ga jauh berbeda dari SBMPTN kemaren. Perbedaan yang menjadi concern gue ialah:
1. Lebih mahal (duh) apalagi yang utul di jakarta Rata-rata tiap materi 20 soal breee, kecuali MTK IPA
2. TPAnya lebih mudah daripada SBMPTN, tapi hati-hati sama waktunya, keasikan ngerjain malah kehabisan waktu.
3. ((( TPA GA ADA SISITEM PLUS MINUS!!!!! ))) GUE KESEL BANGET GA TAU PERATURAN INI, ga baca sih.. ALHASIL GUE NGERJAIN SOAL-SOAL YANG GUE BISA AJA, tapi alhamdulillah Cuma sekitar 4 atau 5 soal yang kosong (tapikan sayang... :’( )
4. MTK IPA nya menurut gue kok lebih susah ya.. dibanding SBMPTN
5. KIMIA, BIO sama FISIKA sama aja.. percayalah. MTK Dasar enak kok
J
6. B.Indo sama B.Ing ga kayak SBM, ga terlalu banyak teks, banyaknya soal EYD, EBI sekitaran itulah. B.Ing ada Fill-in-Blank question jadi enak..

Dah sampe lah kita pada penghujung artikel, sori kalo kebanyakan intermezzo dan hal-hal ga penting yg gue tulis, hehe, ditunggu ya part 5 nya (PENGUMUMAN SBMPTN dan UTUL UGM 2017!!, huhu..)

Sekian Mencari Kampus Part 4 : Persiapan dan Pelaksanaan UM/UTUL UGM 2017 ini.


Thank you for reading ^_^

Komentar

  1. kak tahun ini berarti juga gak ada sistem minusnya ya? nge cek nya di mana sih soalnya pernyataannya beda2 ada yg bilang pake minus ada yang bilang enggak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau maksud kamu sistem plus minus yang di soal tpa ugm tulisan ini, bisa dibaca di peraturan pengerjaannya nanti, biasa di halaman depan.

      Tapi kalo maksudnya plus minus untuk sbmptn, mungkin bisa dicek di website resmi sbmptn yaa. Saya juga sudah kurang mengikuti perkembangan sbmptn lagi.. hehe

      Hapus
  2. nice post.. jjangan lupa kunjungi web saya fauziahmad22.wordpress.com dan web kampus saya ppns.ac.id

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cyber Security IPB - Tutorial Capture The Flag (CTF)

Kata Pendahuluan: Alasan gue buat artikel ini karena gue pikir banyak orang-orang kayak gue di Indonesia yang kepengen belajar Cyber security khususnya Capture The Flag (CTF) tapi ga tahu mau mulai darimana ataupun kehalang bahasa(languange barrier). sama seperti gue dulu (bahkan sampe sekarang) males ngebaca bahasa asing. Gue mau bahas tentang Cyber Security IPB. Cyber Security IPB adalah sebuah komunitas keamanan komputer di IPB Bogor. Mereka punya --pastinya--komunitas, fanpage facebook, dan channel youtube. Gue bakal bahas channel youtubenya aja. Karena gue bukan anggota cyber security IPB maupun mahasiswa IPB. Gue baru lulus SMA mzz nganggur belom dapat kampus, mana pengumuman sbm sebulan lagi. btw, gue pilih IPB - Ilmu Komputer di pilihan ke-3..semoga dapet aamiin.  OKE cukup . Channelnya ada di sini: https://www.youtube.com/channel/UCH6CPf10u9uQu3w1DRhOliw/featured?spfreload=10 Channel ini berisi video tutorial CTF (capture the flag). Mereka ngebahas m

Covid di Edin

 21.45 BST My head is hurting. The right half due to covid. My throat is itchy, ready to cough. I have only started to read "Lelaki-lelaki tanpa perempuan" by Haruki Murakami. As mba Visya's flat mates, Claire(?), Murakami's books are oddly dreamy. I found it recently that his books are very weird. I mean the plot. What would you think if your partner cheat on you several times? Would you confront them or end the relationship? The answer for that question is do nothing, if you consult with one of the characters in the novel. They are absurd. But life isn't absurd. Life is just meaningless. Absurdity gives life a meaning. To being absurd and odd.  During my self-isolation, I watched many movies. Some of them are rewatch. I am starting to watch hobbit movies, hence maybe LOTR chronicles later. I rewatched the Imitation Game. ... Sorry I take a break to the washroom. I am just a mere man. Now I can't write anything. Yea, I like to watch near/post-apocalypse movie